Jumat, 24 Oktober 2008

Teleportasi

Bissmillah…
Jika kita membaca Q.S An-Naml [27]: 38 - 40, yang memiliki makna: Berkata Sulaiman, "Hai Pembesar-pembesar, siapakah di antara kamu sekalian yang sanggup membawa singgasana sebelum mereka datang padaku sebagai orang-orang yang berserah diri". Berkata ‘Ifrit dari golongan jin, "Aku akan datang kepadamu dengan membawa singgasana itu sebelum kamu berdiri dari tempat dudukmu, sesungguhnya aku benar-benar kuat untuk membawanya lagi dipercaya". Berkatalah seseorang yang mempunyai ilmu dari Al Kitab, "Aku akan membawa singgasana itu kepadamu sebelum matamu berkedip...", harusnya mata kita terbelalak dan pikiran kita terbuka selebar-lebarnya. Mengapa tidak?

Ayat itu menceritakan sebuah kisah yang terjadi di masa Nabi Sulaiman. Ketika itu, beliau mendapatkan sebuah informasi, bahwa akan datang rombongan dari Negeri Saba' yang dipimpin oleh seorang ratu. Nabi Sulaiman bertanya kepada para pembesar kerajaannya, apakah ada yang bisa memindahkan singgasana kerajaan Saba' itu ke hadapannya? Sehingga, jika itu terjadi, da'wah Nabi Sulaiman dapat berjalan mulus. Di antara para pembesar kerajaan itu, ada ‘Ifrit yang merupakan makhluk dari bangsa jin, dan dia menyanggupinya, untuk memindahkan singgasana kerajaan Saba' ke depan Nabi Sulaiman sebelum Nabi Sulaiman beranjak dari tempat duduknya. Namun, di antara para pembesar itu pun, ada seseorang yang menyanggupi dengan ilmuya untuk memindahkan singgasana ke depan Nabi Sulaiman sebelum Nabi Sulaiman berkedip.

Ada beberapa pelajaran dan kajian yang tertutup dan terlupakan oleh kita. Bahwa sebenarnya hal itu semua sudah terjadi. Peristiwa Nabi Sulaiman dalam mendapatkan kabar dan informasi dari burung-burung hud-hud, bahwa akan datang serombongan kerajaan yang akan menemui Nabi Sulaiman dapat kita ambil makna dan pelajaran, bahwa sebuah informasi yang tepat, benar, dapat dipercaya, traceable, on time, dan upto date adalah sangat dibutuhkan pada waktu itu. Begitu juga dengan sekarang, kebutuhan akan informasi untuk memenangkan persaingan bisnis, menambah keuntungan perusahaan dan untuk penambahan wawasan guna memenuhi kebutuhan pendidikan dan da’wah pun sangatlah dibutuhkan. Alhamdulillah, keberadaan teknologi Informasi dan komunikasi dengan fasilitas internetnya, telah memudahkan untuk kebutuhan mendapatkan informasi tersebut.

Begitu juga dengan memindahkan singgasana dari suatu tempat ke tempat yang lain, adalah serupakan hal yang sangat luar biasa pada waktu itu. Hanya ‘Ifrit (makhluk dari kalangan jin) dan orang yang berilmulah yang dapat melakukannya. Namun sekarang, kejadian memindahkan sesuatu dari suatu tempat ke tempat yang lain dengan sangat cepat (Teleportasi) telah terjadi. Sekarang ini, kejadian yang mengagumkan itu pun berulang. Kita para pelaku dan pemakai jasa IT sudah dapat mentransfer data, informasi, gambar bahkan barang dalam waktu secepat kilat. Dengan fasilitas E-Mail (Surat elektronik online), Chating (komunikasi berbasis teks real time / Real Time text based communication), E-Payment (Transaksi pembayaran secara elektronik), E-Banking (Aktifitas perbankan menggunakan fasilitas internet dan mobile device), E-Transfering (pengiriman data termasuk uang dengan menggunakan media internet) dan fasilitas-fasilitas lainnya, memungkinkan dapat mentransfer itu semua secepat kilat (sebelum mata sempat berkedip), seperti pada Q.S An-Naml [27]: 38-40 tersebut di atas.

Inilah sebuah bahan kajian dan renungan dari suratan ALLAH yang telah terbukukan di dalam Al-Qur'an. Semoga, kita, para pencari dan penggila Ilmu, dapat mengambil pemahaman dan pelajaran yang lebih lagi dari suratan Al-Qur'an tersebut. Semoga, Al-Qur’an yang telah ada di hadapan kita, telah berdebu di rumah kita bahkan tergeletak di antara tumpukan buku lain di kamar kita, bukan hanya saja kita pajang, namun harus kita baca, kita tadaburi, kita maknai dan implementasikan, dan juga dapat menjadi referensi kuat setiap aktifitas dan usaha kita dalam menuntut ilmu, mengembangan teknologi informasi dan sebagai sarana da’wah kita yang handal. Amin…

Alhamdulillah…

Referensi:
[1] Al-Qur’an
[2] Al-Hadis
[3] Ripanti, Eva F., dan Utama, Ditdit N., Teknologi Informasi dan Komunikasi, Viqry Publishing – Bogor, 2008
[4] Pranggono, Bambang, Mukjizat Sains dalam Al-Qur'an, IdeIslami – Jakarta, 2008

Tidak ada komentar: