Selasa, 28 Oktober 2008

Sistem dan Sistem Informasi

Bissmillah...
"Wahai orang-orang yang beriman! Masuklah ke dalam Islam secara keseluruhan, dan janganlah kamu ikuti langkah-langkah setan. Sungguh, ia musuh yang nyata bagimu" (Q.S. Al-Baqarah [2]: 208).

Jika mengacu kepada definisi teori buku, sistem berarti adalah "semua bagian (elemen-elemen) yang bekerja sama secara harmonis untuk mecapai sebuah tujuan". Jika hanya sebagian saja yang bekerja sama, itu bukanlah sebuah cerminan bahwa sistem itu baik. Atau katakanlah, semua bagian atau semua elemen berkeja secara total untuk mencapai sebuah tujuan, namun tidak dalam koridor kerjasama, itu pun bukan dikatakan sebuah tatanan sistem yang baik. Karena yang dibutuhkan adalah sebuah kerja sama. Atau okelah, bagian-bagian atau elemen-elemen itu bekerja sama namun tidak secara harmonis, tidak saling bahu-membahu, maka tujuan sistem pun tidak mungkin atau akan sulit untuk tercapai. Dan pula, jika semua unsur bekerja sama secara harmonis, dalam sebuah koridor namun kesemuanya itu tidak memiliki tujuan yang sama (tidak memiliki visi dan misi yang ter-declair-kan dengan baik), itu pun akan menghambat pencapaian dan keberlangsungan sistem itu sendiri, bahkan sistem itu sendiri mungkin tidak memiliki arah yang nyata dan jelas. Itulah sistem.

Bagaimana dengan sistem informasi? Seharusnya, definisi baku mengenai sistem informasi oleh para praktisi IT, para mahasiswa dan para akademisi di lingkup putaran Fakultas Ilmu Komputer, harus sudah sepakat bahwa SI adalah sebuah sistem yang bertugas dan bertujuan untuk mengambil, mendapatkan, menyimpan, mengolah serta menyebarkan informasi. Bahan baku informasi yang didapat, disimpan, diolah dan disebarkan itu adalah data, baik eksternal maupun internal. Data merupakan sebuah fakta nyata (real fact), yang belum memiliki arti bagi yang menggunakannya. Sedangkan informasi adalah bentuk lanjutan dari data yang telah diolah atau diproses, yang dapat dimanfaatkan oleh penggunanya (user).

Ketika kita membicarakan Sistem Informasi, maka bagian-bagian (elemen-elemen) dari sistem tersebut merupakan bagian-bagian yang saling berkolaborasi secara harmonis, sejalan dan berkesinambungan, seperti komputer, jaringan komputer, sumber data dan informasi, internet, orang, fasilitas, bahkan prosedur dan peraturan, untuk menghasilkan sebuah informasi yang mumpuni, yang dapat digunakan secara efektif oleh user. Berarti, jika melihat dari definisi dan pemahaman di atas, jelaslah bahwa IT dan Teknologi Komunikasi hanyalah merupakan bagian dari sistem informasi. Karena kolaborasi IT dengan menggunakan fasilitas jaringan dan networking-nya, yang terkait dengan Teknologi Komunikasi, akan menghasilkan kinerja sistem informasi yang sangat maksimal. Bayangkan, satu bagian saja yang disebutkan di atas drop atau tidak berfungsi secara maksimal, mungkin pencapaian tujuan sistem yang telah di-set bersama, akan sangat sulit untuk dicapai.

Lalu... Lalu... Jika kita tarik garis lurus, sebenarnya, Q.S Al-Baqarah ayat 208 di atas, jika kita cermati, ilhami dan kaji secara mendalam, ALLAH telah mensuratkan itu (permasalahan dan pendifinisian mengenai sistem dan sistem informasi) jauh-jauh hari, kurang lebih 16 abad yang lalu, bahwa kita harus dalam sebuah koridor yang sama, tujuan yang sama, rel yang sama, secara harmonis, walau pun kita ada di bagian-bagian yang berbeda, tempat terpisah bahkan dalam waktu yang berlainan dengan kapasitas yang tidak sama, dalam rangka bekerja sama untuk mencapai tujuan sesegera mungkin, sesuai dengan kaidah-kaidah yang telah disepakati bersama.

Sekali lagi. Isyarat yang telah tersuratkan dan tersiratkan oleh ALLAH, kadang terlewatkan begitu saja. Padalah sebenarnya, semua itu dapat mengilhami pola pikir dan tindakan di semua aspek kehidupan, baik itu hukum, pemerintahan dan ketatanegaraan, tingkah laku bahkan ilmu pengetahuan dan teknologi, termasuk teknologi informasi, pun tidak lepas dari sentuhan ilham ALLAH azza waa jalla...

Alhamdulillah...

Referensi:
[1] Al-Qur'an
[2] Al-Hadis
[3] Marimin, Teknik dan Aplikasi Sistem Pakar dalam Teknologi Manajerial, 2005, IPB Press - Bogor
[4] Turban, Rainer & Potter, Introduction to Information Technology, 2003, John Willey

Tidak ada komentar: